Tips Membeli Printer

1. Harga

Harga printer tidak berhubungan dengan kualitas maupun ketahanannya. Harga lebih mempengaruhi fitur yang tersedia pada printer seperti kecepatan mencetak, tersedianya berbagai ukuran kertas untuk mencetak, terdapat slot untuk memory card sehingga printer bisa langsung mencetak dari kamera digital, dan lain sebagainya. Sebaiknya anda memutuskan fitur apa yang paling anda butuhkan agar printer yang anda beli sebanding dengan uang yang akan anda keluarkan.

2. Seberapa besar kebutuhan anda untuk mencetak foto atau gambar

Kecuali anda memiliki alasan khusus untuk menggunakan printer laser, printer inkjet menawarkan kualitas terbaik dengan harga lebih murah. Printer inkjet dapat mencetak mulai dari dokumen berbasiskan tulisan hingga foto dengan kualitas bagus.

3. Jenis tinta yang digunakan

Hasil cetak dengan empat tinta (cyan, magenta, yellow dan black) sudah cukup bagus bahkan untuk mencetak gambar atau foto sekali pun. Saat ini banyak printer dengan lima atau enam warna tapi coba bandingkan hasil cetakan kedua printer ini. Jika tidak terdapat perbedaan signifikan atau anda tidak memerlukan pencetakan foto dengan hasil yang sangat teliti maka printer dengan empat warna sudah cukup.

4. Resolusi

Resolusi pada printer yang disebut dpi (dot per inch) merupakan ukuran kerapatan titik-titik per inch pada hasil cetakan. Semakin tinggi dpi semakin halus hasil cetakan. Namun, umumnya bagi non profesional, tidak mampu membedakan hasil cetakan 600 dpi dan 100 dpi.