Solusi Hasil Cetakan yang Bermasalah

1. Hasil cetakan berwarna lebih terang, terdapat titik-titik putih atau garis horisontal

Bila hasil cetakan seperti ini artinya ada tinta kering yang menyumbat di print head apalagi jika printer anda jarang digunakan. Bersihkan head dengan menggunakan program utility printer. Jika anda tidak menemukannya, cek dari bagian Control Panel -Print & Fax – pilih printer yang anda gunakan, klik Option & Supplies – klik Utility. Lakukan clean head beberapa kali. Print test sheet disela-sela proses print head agar tidak merusak nozzle. Jika proses clean head tidak memberikan hasil cetakan yang maksimal, matikan printer anda semalaman. Esoknya, coba kembali lakukan clean head. Tinta yang telah mengering mulai luntur dan membuat head printer lebih mudah untuk dibersihkan melalui proses clean head. Untuk menghindari penyumbatan tinta, biasakan mematikan printer saat tidak digunakan. Lakukan print test sheet jika printer anda sudah lama tidak digunakan.

2. Garis vertikal tidak lurus

Hal ini umum terjadi pada hasil cetakan karena print head terkadang tidak sejajar. Cek dari utility printer anda. Biasanya dari utility printer ada tools untuk memperbaiki masalah ini.

3. Warna tidak keluar, hasil cetakan kurang kontras

Masalah ini juga umum terjadi bagi pemilik printer inkjet yaitu salah satu warna tidak keluar. Jika tinta pada cartridge masih banyak, kemungkinan ada tinta mengering yang menyumbat di nozzle cartridge. Lakukan clean head. Jika bayangan pada gambar dan kontras kurang, disebabkan karena cartridge tinta hitam. Mungkin cartridge anda perlu diganti. Jika gambar yang dihasilkan buram, ada kemungkinan anda salah mengisi tinta warna ke dalam cartridge.

4. Hasil cetakan kabur

Bisa jadi kertas yang anda gunakan lembab atau anda salah meletakkan sisi kertas. Bagian kertas yang mengkilap lah yang digunakan untuk mencetak. Namun, jika letak kertas telah benar tapi hasil cetakan tetap kabur, mungkin penyebabnya karena printer anda terlalu banyak menggunakan tinta untuk kertas yang anda gunakan. Kertas biasa lebih banyak menyerap tinta dibandingkan kertas yang dilapisi dengan permukaan mengkilap. Set printer dengan hasil cetakan ke kualitas yang lebih rendah agar irit tinta.

5. Hasil cetakan gambar kasar

Bila telah anda telah melakukan clean head tapi gambar tetap kasar, coba set printer ke high quality. Jika cara ini tidak berhasil juga, kesalahan ada di kualitas kertas. Kualitas kertas yang rendah menentukan hasil cetakan. Coba kertas dengan berat yang disarankan, apakah hasilnya jauh lebih baik.

6. Terdapat noda tinta pada kertas

Ubah setting printer dan pilih jenis kertas yang sesuai dari list. Hal ini terjadi biasanya karena kesalahan setting kertas.