Masalah yang Sering Dialami Printer Inkjet

Ada beberapa masalah yang sering terjadi bagi anda yang menggunakan printer inkjet. Sebetulnya bukan masalah besar tapi cukup mengganggu terlebih lagi di saat anda sedang terburu-buru untuk mencetak file. Beberapa masalah itu antara lain:

• Tinta kering menyumbat print head

Print head merupakan bagian printer sebagai tempat keluarnya tinta dari cartridge ke kertas. Print head terdiri dari lubang-lubang kecil yang disebut nozzle. Hal yang sering kali terjadi yaitu tinta kering menyumbat nozzle. Jika proses clean head tidak berhasil membersihkan lubang yang tersumbat (indikasinya hasil cetakan masih bergaris atau kurang bagus) coba bersihkan print head dengan alkohol. Caranya teteskan alkohol ke tissue, bersihkan bagian print head kemudian lap dengan tissue bersih.

• Paper jam

Kertas yang menyangkut di dalam printer atau yang biasa disebut paper jam dapat menyebabkan frustasi. Paper jam biasanya diakibatkan oleh debu yang terdapat pada kertas. Setelah melakukan pencetakan hingga beratus-ratus lembar, penggulung kertas di dalam printer menjadi berdebu. Bersihkan secara reguler dengan alkohol untuk menghindari kotoran.

• Noda tinta pada kertas

Bersihkan tempat pembuangan tinta. Jika anda mengetahui caranya, anda bisa membersihkannya sendiri atau membawanya ke tempat servis.

• Keluar halaman kosong tanpa ada file yang tercetak

Jika hal ini sering terjadi, cek koneksi antara komputer dan printer. Matikan printer, cek sambungan kabel setelah anda memastikan kabel terpasang dengan tepat coba kembali untuk melakukan pencetakan.